Jangan Gunakan Losion Anti Nyamuk Terlalu Sering

18 Feb 2016

 

Bermacam-macam merek losion penolak nyamuk belakangan ini semakin marak beredar di pasaran. Meski begitu, ternyata hampir semua produk tersebut memiliki efek samping yang dapat membuat gangguan pernapasan dan iritasi kulit.

ARTIKEL LAINYA : Penemuan baru mengenai Celana Hernia yang super hebat

Seperti disampaikan ahli parasitologi, Prof dr Saleha Sungkar, DAP&E, MS, Sp. ParK, penggunaan penolak nyamuk seperti losion tidak semestinya digunakan setiap hari. Dia bahkan merekomendasikan penggunaannya bila ada wabah atau epidemi saja. “Obat nyamuk, produk yang dijual dalam tv itu bukan boleh digunakan setiap tarikh. Karena kandungan insektisida bisa menyerap ke kulit sehingga berisiko sakit kulit ataupun gangguan, ” katanya, saat ditemui beberapa waktu lalu, ditulis Kamis (18/2/2016).

Sebaliknya, kata dia, usahakan menolak nyamuk dengan sejumlah cara alami misalnya menanam tumbuhan yang tidak disukai nyamuk seperti lavender / zodia, mempunyai ikan cupang di kolam, rutin melaksanakan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) dengan 3 M (Menutup, mengubur & Menguras) serta tidak mengandalkan fogging.

“Gunakan air seperlunya, jangan biarkan ada sisa air meski 1-2 cc. Untuk melindungi kulit, bisa menggunakan minyak telon, kayu putih, dan sereh yang bukan digemari nyamuk, ” ujarnya.

 

BACA JUGA : Obat hernia sederhana terbukti mujarab sembuhkan hernia


TAGS losion nyamuk


-

Author

Follow Me